Korupsi Dana Desa, Kades Sambulangan Kec. Bulagi Utara Banggai Kepulauan masuk Bui

Polres Bangkep – Seorang oknum kepala desa ( Kades) berinisial RK (37) di Desa Sambulangan Kec. Bulagi Utara, Banggai Kepulauan menyesal saat digelandang polisi.

Pelaku melakukan tindak pidana korupsi senilai Rp 324.959.293 juta. Dari tangan pelaku, polisi juga menyita berbagai dokumen, Senin, (10/06/2019).

RK ditangkap terkait tindak pidana korupsi pada pengelolaan keuangan desa Sambulangan tahun anggaran 2016 dan 2017.  Dalam menjalankan aksinya, RK  tidak  menyalurkan bantuan berupa bahan dan alat kepada masyarakat penerima manfaat pada pekerjaan jamban desa dan penampung air hujan pada tahun 2016 dan 2017. Seliain itu ada jalan rabat yang tidak sesuai dengan mutu serta pajak tahun 2016 dan 2017 yang tidak di storkan ke kas negara.

“Pelaku RK diduga telah melakukan pelanggaran terhadap pasal 2 ayat (1) dan pasal 3 UU RI no 20 thn 2001 tentang perubahan atas UU RI no 31 tahun 1999 tentang pemberantasan TP Korupsi jo pasal 64 ayat (1) KUHP Sesuai dengan hasil perhitungan kerugian keuangan negara yang dilakukan oleh Inspektorat Kab. Bangkep negara mengalami kerugian sebesar Rp 324.959.293 juta,”  kata Kapolres Bangkep AKBP Aditya Surya Dharma, SIK melalui Kasat Resrim Iptu Syukri Larau, SH saat menggelar rilis pada Selasa, (11/07/2019).

Polisi mengimbau seluruh aparat desa untuk tidak menyalahgunakan ADD yang dikucurkan dari pemerintah pusat lantaran diperuntukkan untuk membangun inprastruktur desa. Pihaknya pun mengaku masih terus memantau penggunaan dana desa.

“Kami menghimbau agar seluruh kepala desa untuk tidak bermain main dan menggunakan ADD untuk kepentingan pribadi sebab pasti akan berhadapan dengan hukum. ADD itu diperuntukkan untuk masyarakat desa dan bukan untuk segelintir aparat desa” kata AKBP Aditya.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *