ANTISIPASI PENYEBARAN BERITA HOAX DAN RADIKALISME, JAJARAN POLRES BANGKEP GENCAR MELAKUKAN BINLUH KEPADA WARGA

Polres Bangkep – Guna menjaga situasi Kamtibmas terkait dengan maraknya berita hoax dan radikalisme yang  sering dijumpai di media sosial maupun dari mulut ke mulut yang sengaja disebarkan luaskan kepada masyarakat dengan maksud menciptakan keresahan masyarakat, jajaran Polres Banggai Kepulauan terus melaksanakan penyuluhan dan pembinaan kepada warga masyarakat, Jumat (16/3/2018).

Kegiatan pembinaan dan penyuluhan tersebut dilaksanakan di tempat-tempat ibadah seperti Masjid dan Gereja. Hal ini juga sebagai bentuk upaya dalam menjalin kerjasama dengan para Tokoh Agama di wilayah hukum Polres Bangkep. Seperti yang terlihat hari ini, usai pelaksanaan sholat Jumat, Kabag Ops AKP SUWARDI, S.Pd, SH memberikan penyuluhan tentang langkah dalam mengantisipasi berita Hoax dan paham radikalisme kepada jamaah Masjid Pancasila Kel. Salakan Kab. Bangkep. Tidak hanya Kabag Ops, Para Kasat dan Perwira Polres Bangkep lainnya juga turun ke beberapa Masjid untuk menyampaikan hal yang sama.

Dengan digelarnya kegiatan pembinaan dan penyuluhan kepada warga terkait dalam mengantisipasi berita Hoax dan paham radikalisme oleh jajaran Polres Banggai Kepulauan, membuktikan keseriusan pihak Kepolisian khususnya Polres Bangkep, untuk menjaga situasi Kamtibmas yang tetap kondusif dari bentuk upaya provokasi, salah satunya dengan penyebaran berita Hoax maupun radikalisme.

Kabag Ops AKP SUWARDI, S.Pd, SH dalam penyampaiannya kepada jemaah Masjid Pancasila mengungkapkan bahwa, saat ini upaya-upaya dalam menciptakan situasi yang tidak kondusif oleh oknum yang tidak bertanggung jawab telah mencapai titik yang sudah sangat meresahkan, salah satunya dengan penyeberan berita Hoax atau berita yang tidak benar, baik itu menyangkut tentang SARA maupun Politik. Apalagi saat ini sistem informasi yang serba canggih seperti media sosial, sangat mendukung proses penyebaran berita Hoax atau isu-isu  provokatif lainnya.

“Jangan mudah mempercayai dan menyebar luaskan kembali berita di media sosial, sebelum memastikan bahwa informasi tersebut benar, sesuai dengan data dan fakta. Untuk itu marilah kita secara bersama-sama memelihara situasi kamtibmas yang sudah kondusif, jangan mudah terprovokasi adanya berita hoax yang dapat memecah kerukunan dan keamanan masyarakat, ” ucap Kabag Ops.

Selain tentang permasalahan Hoax, materi radikalisme serta anti Politik uang dan SARA juga menjadi salah satu topik utama dalam kegiatan pembinaan kepada masyarakat. Hal ini guna menjaga situasi Kamtibmas yang tetap konfusif jelang pelaksanaan Pemilu 2019.

Humas Polres Bangkep – www.polresbangkep.com




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *